Sunday 21 August 2016

TIPS MENDAKI GUNUNG

pendakian gunung
Wapalhi FSH UNISNU jepara

Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan alam yang menyenangkan, dengan mendaki gunung kita dapat menikmati keindahan yang diciptakan Allah SWT. Selain menikmati pemandangan yang menakjubkan, banyak hal yang dapat kita nikmati dengan mendaki gunung, termasuk proses perjalanan yang melelahkan, itu menjadi kenikmatan tersendiri bagi pendaki gunung, selain itu mendaki gunung juga dapat menjadi ajang kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, seperti meningkatkan rasa syukur kepada allah SWT atas ciptaannya, kita dapat melihat secara langsung kebesaran Allah SWT. Kita juga dapat meningkatkan rasa berserah diri atas kehidupan kita kepada Allah SWT. Dan lain sebagainya.
Namun mendaki gunung merupakan sebuah kegiatan yang mempunyai resiko tinggi (High Risk), tanpa pengetahuan yang mumpuni banyak hal yang dapat terjadi ketika kita mendaki gunung, bahkan mengorbankan nyawa untuk membayar semua kenikmatan itu. Tetapi jangan hawatir, dengan kita memahami dan juga menjaga safety procedure kita dapat mengurangi resiko yang dapat terjadi ketika kita mendaki gunung. Berikut saya akan memberi sedikit tips tentang mendaki gunung untuk menambah pengalaman kita terkait pendakian.
Disini saya membagi tiga tahapan terkait pendakian. Yaitu tahapa pra pendakian, saat pendakian, dan tahap pasca pendakian.
1.      Pra pendakian
Tahapan ini merupakan hal-hal yang harus kita siapkan sebelum kita melakukan pendakian agar pendakian yang kita lakukan membawa manfaat dan sesuai dengan tujuan kita melakukan pendakian.
a.       Membuat rancangan pendakian
Tahapan ini terlihat sepele namun mempunyi peran yang besar, dalam membuat rancangan pendakian yang harus di buat adalah:
1)      Tentukan tujuan melakukan pendakian, seperti untuk melakukan konservasi, penelitian atau hanya sekedar untuk menikmati keindahan alam ini. Dll
2)      Mencari gunung yang sesuai dengan tujuan anda tentukan juga jalur yang akan anda daki, karena biasanya gunung mempunyai beberapa jalur pendakian.
3)      Tentukan waktu kapan anda akan melakukan pendakian dan berapa hari anda akan melakukan pendakian, dalam menentukan waktu usahakan menghindari waktu saat-saat cuaca ekstrim.
4)      Buatlah cek list perbekalan dan perlengkapan yang akan anda bawa, ini agar perbekalan dan perlengkapan yang akan anda bawa tidak tertinggal satupun, karna tidak jarang perbekalan dan perlengkapan pendaki tertinggal, bahkan itu perlengkapan yang vital, seperti tenda dome, ponco, P3K. survival kit. dll.
5)      Tentukan transport yang akan anda gunakan, menggunakan sepeda motor, transportasi umum. Dll.
6)      Bila anda melakukan pendakian orang banyak buatlah kelompok-kelompok kecil agar mudah dalam mengkoordinirnya.
7)      Tentukan leader, sub leader, dan juga sapu ranjau, pelihlah seorang leader yang benar-benar paham dengan jalur pendakian yang anda daki.
8)      Buatlah rancangan anggaran yang akan anda habiskan untuk melakukan pendakian.
b.      Siapka fisik anda untuk melakukan pendakian, sering-seringlah berolahraga dan jadikanlah rutinitas agar fisik anda benar-benar siap untuk melakukan pendakian.
c.       Siapkan surat-surat untuk perijinan pendakian, seperti kartu identitas, surat kesehatan, dan juga surat permohonan pendakian untuk basecamp. Dll. Setiap gunung biasanya mempunyai persyaratan yang berbeda.
d.      Sediakan perbekalan dan perlengkapan yang telah anda list saat perencanaan, berilah tanda pada perbekalan dan perlengkapan yang telah tersedia. Agar dapat diketahui mana yang sudah tersedia dan belum.
e.       Pengemasan barang/ Packing, pada tahap ini sangat berpengaruh atas kenyamanan perjalanan anda, karena jika tehnik packing anda tidak benar carier yang anda bawa sangat tidak nyaman, bahkan terasa berat, juga jangan lupa saat packing sambil pantaulah pada list perbekalan yang sudah anda buat untuk memastikan perbekalan dan perlengkapan yang anda siapkan tidak tertinggal.
2.      Pendakian
Tahap ini merupakan kegiatan ini, pada saat pendakian pakailah pakaian yang nyaman dan mudah kering, hindarilah memakai kain jeans, karena kain jeans ketika basah lama kering dan juga berat, saat perjalanan ketika memang merasa capek beristirahatlah dengan maksimal, jangan terlalu lama beristirahat karena anda bisa kedinginan, lebih baik seperlunya namun agak sering, aturlah pola makan dan minum anda, ini bertujuan agar anda tidak kehabisan makanan dan minuman atau kekurangan teaga karena kurang asupan makanan ketika melakukan pendakian,  patuhilah peraturan-peraturan dalam pendakian, seperti jangan meninggalkan sampah, jangan merusak alam, dll. Agar orang lain juga dapat menikmati gunung yang anda daki.
3.      Pasca pendakian
Ini adalah tahapan terahir, setelah anda melakukan pendakian jangan lupa menganalisa kejadian-kejadian yang anda alami saat melakukan pendakian, ambillah pelajaran dari pendakian anda, agar pendakian anda lebih bermanfaat.
Itulah beberapa tips dalam pendakian dari saya, mudah-mudahn bermanfaat untuk kita semua sebagai jalan mencari kebahagiaan dunia maupun ahirat.

baca juga Pengetahuan Survival 

4 comments: