Saturday 4 March 2017

konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle)


reduce, reuse, recycle

Permasalahan sampah merupakan hal yang cukup besar, dimanapun kita berada kita tak bisa lepas dari sampah, ini disebabkan dari hari ke hari sampah selalu bertambah, disamping itu banyak masyarakat yang kurang sadar akan permasalahan ini, baik organic maupun anorganik, sehingga permsalahan sampah harus diselesaikan secara bersama dan terus menerus.
Konsep 3R (Reuse, Reduce, Recycle) terus di sosialisasikan namun dalam kenyataannya banyak masyarakat yang belum mengetahui ataupun mengetahui namun belum melaksanakan, sehingga konsep ini terus di sosialisasikan kepada masyarakat. Berikut penjelasan konsep 3R
      1.      Reduse
Merupakan kegiatan untuk mengurangi timbulnya sampah, contohnya adalah membawa tas saat berbelanja, ini bertujuan untuk mengurang kantong plastic yang digunakan untuk membawa barang benjaan kita.
       2.      Reuse
Merupakan kegiatan menggunakan kembali barang-barang bekas, dalam hal ini jangan menggunakan barang sekali pakai. Contohnya adalah menggunakan kertas bekas sebagai nota atau memo.
       3.      Recycle
Merupakan kegiatan mendaur ulang sampah yang telah ada, contohnya adalah menggunakan kertas yang sudah tidak terpakai sebagai bahan kerajinan, menggunakan plastik sebagai bahan kerajinan seperti tas, dll.
Itulah sedikit gambaran konsep 3R, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment