Tuesday 23 August 2016

Selayang Pandang

Wahana Pencinta Alam dan Lingkungan Hidup (WAPALHI) Fakultas Syariah dan Hukum Unisnu Jepara merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan yang berada dilingkungan kampus UNISNU Jepara yang bernaung di Fakultas Syari’ah dan Hukum. Semula Wapalhi merupakan sebuah Unit keguatan Mahasiswa (UKM) di INISNU Jepara, meskipun Wapalhi bernaung pada INISNU namun ketika itu beberapa mahasiswa dari STIENU dan juga STTDNU juga tergabung dalam organisasi mahasiswa pencinta alam ini. seiring dengan di satukannya tiga perguruan tinggi yang bernaung dalam Yayasan Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama’ (YAPTINU)  yaitu Institun Islam Nahdlatul Ulama’ (INISNU), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIENU) dan Sekolah tinggi Teknologi dan Design Nahdlatul Ulama’ (STTDNU) sehingga Wapalhi menjadi Unit Kegiatan Khusus (UKK) yang bernaung pada Fakultas Syari’ah dan Hukum.
Wapalhi merupakan Organisasi Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA) tertua di Jepara. Wapalhi sudah berdiri sejak tahun 1996, namun secara legal formal Wapalhi mendapatkan SK Rektor Inisnu dengan No. SK. 19 Tahun 1997 yang ditetapkan di Jepara pada tanggal 01 Mei 1997. Sejak itu penanggalan SK pertama tersebut ditetapkan sebagai hari lahir Wapalhi.
Organisasi ini mempunyai beberapa bidang yang disebut Divisi, diantaranya Divisi Mountainering, Divisi SAR (Search and Rescue), Divisi RC (Rock Climbing), Divisi Advokasi Lingkungan, dan Divisi Logistik. Dari masing-masing divisi tersebut mempunyai bidang yang berbeda namun saling berkaitan. Bidang yang ditangani divisi tersebut sebagai berikut:
1.      Divisi Mountaineering
Ruang lingkup divisi ini merupakan sebuah kegiatan alam bebas atau adventure, perjalanan/hiking, serta semua ilmu kepencinta alaman yang mendukung dengan pendakian, seperti Orienteering, survival, dan lain sebagainya.
2.      Divisi SAR (Search and Rescue)
Search and Rescue (SAR) diartikan sebagai usaha kegiatan kemanusiaan untuk mencari dan memberikan pertolongan kepada sesama manusia. Divisi SAR bertugas membantu sesama untuk mencari dan menolong dengan sasaran utama jiwa manusia ketika terjadi bencana baik di darat maupun di air seperti orang yang hilang atau dihawatirkan hilang di laut maupun di gunung, terjadi tanah longsor, banjir dan lain sebagainya.
3.      Divisi RC (Rock Climbing)
Divisi RC (Rock Climbing) bergerak pada bidang kegiatan yang berhubungan dengan pemanjatan seperti panjat dinding, susur gua (Caving), flying fox, repling, dll.
4.      Divisi Advokasi Lingkungan
Divisi Advokasi Lingkungan berperan dalam kegiatan-kegiatan yang berbasis Lingkungan Hidup yang meliputi pendampingan terhadap kerusakan lingkungan baik di darat maupun di air serta berperan aktif dalam menangani isu-isu lingkungan yang berada di wilayah kabupaten Jepara, dalam penyelesaiannya Wapalhi selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berkaitan.
5.      Divisi Logistik
Divisi ini merupakan bidang yang mengelola asset organisasi yang berupa sarana dan prasarana sebagai penunjang jalannya kegiatan organisasi, divisi logistic juga mempunyai tugas untuk merawat serta menginventarisasi asset organisasi.

4 comments: