Monday 22 August 2016

12 ANGGOTA MUDA WAPALHI DI KUKUHKAN


Boyolali (31/7). Wahana Pencinta Alam dan Lingkungan Hidup (WAPALHI) Fakultas Syariah dan Hukum Unisnu Jepara mengukuhkan dua belas anggota muda, Puncak Syarif  Taman Nasional Gunung Merbabu menjadi saksi di sematkannya slayer keanggotaan Wapalhi sebagai tanda bahwa anggota muda telah di kukuhkan dan menjadi anggota penuh Wapalhi, puncak syarif Taman Nasional Gunung Merbabu dipilih sebagai tempat pengukuhan Anggota Muda (AM) Wapalhi karena telah memenuhi syarat, yakni pengukuhan dilakukan di atas gunung dengan ketinggian lebih dari 3000 Mdpl.
Tim pengukuhan yang didampingi oleh 7 pengurus dan 5 alumni Wapalhi dilepas oleh Imron Choeri, M.H dari kampus Unisnu  Jepara pada tanggal 30 Juli 2016, dalam sambutannya beliau berpesan untuk selalu waspada “Jangan sekali-kali meninggalkan shalat, selalu berhati-hati dan tetap jaga nama baik almamater” lanjut dosen Fakultas Syari'ah dan Hukum tersebut.
Pada awalnya rencana pendakian dilakukan melalui jalur wekas, karena ada beberapa pertimbangan, akhirnya tim mengambil keputusan untuk mendaki melalui jalur Ngagrong, basecamp Relawan Merbabu dan Pencinta Alam (Rempala) yang merupakan jalur evakuasi pada saat terjadi kebakaran di gunung yang terkenal dengan padang savananya tersebut.
Sebelum melakukan pendakian, tim melakukan selamatan dan do’a bersama agar selalu diberi kekuatan dan keselamatan oleh Allah SWT. Pada pukul 19.15 WIB tim melakukan pendakian. Jalur Ngagrong memiliki beberapa tingkat kesulitan diantaranya adalah jalur yang menanjak antara 30 sampai 70 derajat, jalur yang cukup sempit dan jalur yang sudah mulai tertutup oleh rerumputan. Perjalanan menuju puncak sempat terhadang oleh kabut yang tebal selama 1,5  jam, sehingga tim memutuskan untuk berhenti hingga kabut menghilang.
Pada tanggal 31 Juli 2016 sekitar pukul 13.30 WIB tim berhasil mencapai puncak Syarif (3119 Mdpl) taman nasional gunung Merbabu. Prosesi pengukuhan dilaksanakan di puncak gunung merbabu tersebut dengan penyematan slayer keanggotaan Wapalhi, sebagai tanda bahwa anggota muda Wapalhi telah menjadi anggota penuh. Dalam sambutannya pada prosesi pengukuhan, Muhammad Syafa’at selaku Ketua Umum Wapalhi berharap dengan telah menapaknya kaki di puncak Syarif gunung Merbabu dapat meningkatkan rasa syukur anggota Wapalhi atas kebesaran Allah SWT. ”Semoga dengan pengukuhan kedua belas anggota muda ini dapat meningkatkan loyalitas terhadap organisasi dan bisa membawa Wapalhi Jepara semakin maju dan terus eksis dalam melestarikan alam sebagai insan abdi lingkungan" pungkasnya. (Cendana/Elang)

0 komentar:

Post a Comment